Jumat, 04 Agustus 2017

TUTORIAL MEMBUAT EFEK CORETAN FOTO DI PHOTOSHOP

TUTORIAL MEMBUAT EFEK CORETAN FOTO DI PHOTOSHOP

Manipulasi photoshop | Halo sobatku semua. pernahkan kalian melihat efek coretan/sketsa menggunakan pensil atau pulpen yang membentuk wajah seseorang. efek ini memang terbilang unik, karena hanya dengan coretan yang acak tapi bisa membentuk objek itu sendiri. kebanyakan membentuk wajah orang. nah untuk kali ini, saya akan mengajarkan cara membuat efek coretan foto di photoshop. agar sobat bisa membuat wajah yang terbentuk dari sketsa/coretan.
Dalam tutorial ini, sobat akan banyak belajar menggunakan teknik masking. karena intinya ada disitu. selain itu brush kita gunakan sebagai bentuk dari coretan. coretan yang kita gunakan adalah acak dan garisnya tidak menentu. ini akan menimbulkan kesan abstrak. namun dibalik itu sosok bentuk dari foto tetap terlihat.
Sebelum memulai, sobat lihat dulu hasil dari membuat efek coretan foto di photoshop :
Efek coretan foto diatas, memang sudah sangat tenar dikalangan pengguna photoshop. agar ilmu photoshop sobat tidak ketinggalan, maka dari itu pelajarilah proses pembuatannya dibawah ini :

TUTORIAL MEMBUAT EFEK CORETAN FOTO DI PHOTOSHOP

Sebelum memulai tutorialnya sobat siapkan dulu bahannya. yaitu foto dengan format png. maksudnya fotonya sudah tidak memiliki background. tapi bisa juga tidak. masukkan saja foto yang masih memiliki background kalau hanya mau latihan.

Langkah 1

Buka photoshop. buatlah lembar kerja baru ( CTRL N ) dengan ukuran 1400x1000 pixels. ini hanya optional. berikan ukuran jika ingin yang lebih besar, masukkan foto sobat. caranya tinggal drag dari explorer lalu masukkan ke lembar kerja photoshop.

Langkah 2

Sekarang, kita buat dulu brush coretan. brush ini nantinya kita gunakan untuk membentuk sketsa coretannya. buatlah layer baru diatas foto. kemudian buat dulu layer foto kita tidak terlihat - klik icon mata ( visibility ) pada layernya.
Aktifkan Brush tool (B). gunakan Size 2px - Hhardness 100%. lalu buatlah beberapa garis acak seperti dibawah.
Kemudian pergi ke Menu Edit - Define Bbrush Preset. maka akan muncul kotak dialog - berikan nama pada brushnya. Ok.
Nah sekarang brush kita sudah jadi dan siap digunakan. selanjutnya hapus saja layer brush tadi. karena kita hanya memakainya untuk membuat brush.
Sobat bisa membuat beberapa jenis brush disini. agar efek coretan yang kita buat bisa terlihat lebih alami. 

Langkah 3

Sekarang buat foto kita jadi hitam putih, cukup tekan CTRL SHIT U (desaturate). Kurangi Opacity pada foto sampai 60%.
Buat lagi layer baru dan taruh dibawah layer foto. berikan nama " Brush". setelah itu aktifkan Brush tool lalu gunakan Brush yang sudah dibuat tadi. mulai lah mencoret sampai hampir menutupi wajah.
Pergi ke layer panel - klik kanan pada layer foto - Pilih Create clipping mask. maka bentuk penampilannya akan seperti dibawah ini.
Fungsi dari Clipping mask, untuk membuat bentuk dari coretan yang sudah kita buat akan menimbulkan foto. jadi foto terlihat tergantung dari bentuk layer dibawahnya.
Lanjutkan mencoret di layer "brush" sampai mendapatkan bentuk dari wajah. untuk membuat brush besar dan kecil cukup tekan [ dan ].

Langkah 4

Untuk membuat tampilan lebih kontras, gunakan Levels ( CTRL L ) pada foto. lalu atur Black ke kiri dan White ke kanan. pengaturan ini akan membuat komposisi warna semakin padat. klik ok.

Langkah 5

Untuk membuat foto lebih berkesan mengikuti coretan, kita buat lagi efek diatasnya. Duplikat layer foto dengan menekan CTRL J. lalu pergi ke Filter - Distort - Ripple. berikan Amount 651% dengan Size Small. kemudian Ok. setelah itu sobat mainkan pengaturan Opacity dan blend modenya. untuk blend mode gunakan Overlay bisa juga Screen, Softlight. pilih sesuai selera.

Fungsi Efek ripple disini untuk membuat bentuk menjadi terganggu. jika Sizenya semakin Large maka objek akan semakin tidak nampak, karena menjadi terkikis oleh bentuknya sendiri.
 Untuk hasil membuat efek coretan foto yang saya dapatkan. penampilannya seperti dibawah ini.
Bagaimana, mudahkan membuat efek coretan foto di photoshop. memanfaatkan clipping mask untuk menimbulkan objek pada coretan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar