Jumat, 04 Agustus 2017

Manipulasi Wajah Retak Dengan Photoshop

Manipulasi Wajah Retak Dengan Photoshop

Assalamualaikum, salam sobat semua. pertemuan kali ini grafis-media akan mengajarkan manipulasi wajah retak dengan photoshop. dengan menguasai teknik ini maka soabt bisa membuat efek wajah retak seperti tanah kering. silahkan ikuti baik-baik langkahnya.
Dengan banyaknya efek yang bisa dihasilkan photoshop, maka timbullah ide untuk membuat wajah menjadi retak dengan menggabungkan tekstur tanah kering dengan wajah. hasilnya bisa dilihat sendiri dibawah ini.

   Perlu diketahui, bahwa teknik manipuasi photoshop bisa disebut sebagai teknik texturing photoshop. dalam proses manipulasi wajah retak tidak membutuhkan waktu yang lama. sobat hanya memerlukan waktu kurang lebih 15 menit. setelah mengetahui caranya, maka wawasan akan lebih terbuka hingga bisa membuat yang lebih menarik lagi.

Manipulasi Wajah Retak Dengan Photoshop

1. Buka foto di photoshop

Buka foto sobat di photoshop. disini saya menggunakan foto gratis dari pixabay.com yang bisa dijadikan sebagai bahan tutorial photoshop.

2. Masukkan Tekstur Retak

Setelah itu masukkan lagi Tekstur retak. sobat bisa mencari tekstur retak di google, dengan kata kunci "Cracked Texture". lalu simpan dikomputer, kemudian masukkan diphotoshop dengan cara pergi ke File - Place.
Ketika tekstur sudah masuk, ganti blend mode menjadi Multiply sehingga terlihat trasparan.

3. Tambahkan Layer Mask

Klik icon Add Layer Mask pada bagian bawah layer panel. maka akan tampil layer disamping tekstur retak. klik Layer mask sebagai tanda sobat bekerja pada layer tersebut.

4. Menyatukan Tekstur Retak Dengan Wajah

Aktifkan Brush tool, kemudian tekan D agar background dan foreground berwarna hitam putih. mulailah menggosok memakai warna hitam dibagian tekstur yang ingin dihilangkan. 


Inilah hasil setelah selesai menghilangkan bagian yang tidak diperlukan, sehingga terlihat wajah retak. perhatikan juga layer masknya disitu sobat akan mendapati bagian hitam dan putih.

5. Atur Kecerahan Gambar

Terakhir aturlah kecerahan  gambar. tekan CTRL L ( levels ) kemudian geserlah bagian tengah kekiri. serta bagian kanan ke kiri, agar gambar semakin cerah.
level photoshop

Jika sudah, tinggal disave ke bentuk Jpg. bagaimana ? mudahkan edit foto efek retak. selebihnya tinggal dikembangkan lagi.

Mungkin sampai disini dulu perjumpaan kita, semoga tutorial manipulasi wajah retak dengan photoshop dapat manambah ilmu photoshop kalian. lebih dan kurangnya mohon dimaafkan. Safri ST mengucapkan terima kasih sudah berkunjung - Assalamualaikum

Tidak ada komentar:

Posting Komentar