Jumat, 04 Agustus 2017

Cara Membuat Karikatur Wisuda Dengan Photoshop


Cara Membuat Karikatur Wisuda Dengan Photoshop

Assalamualaikum. jumpa lagi sobatku semua. pertemuan hari ini, saya mau memberikan tutorial cara membuat karikatur wisuda dengan photoshop. teknik edit foto ini masih tergolong manipulasi photoshop. karena kita berusaha mengotak-atik bentuk aslinya. misalnya membesarkan kepala sampai memberikan efek smudge painting.

Apa itu Karikatur ?

Karikatur adalah gambaran suatu objek yang dibuat dengan melebih-lebihkan ciri-ciri objek tersebut. karikatur dibuat bertujuan untuk membuat kelucuan terhadap objek tersebut, namun tetap bisa dikenali dengan baik. seiring berkembangnya zaman, pada era digital sekarang karikatur sudah bisa dibuat menggunakan aplikasi edit foto seperti photoshop, coreldraw dsb.
Ketenaran karikatur di indonesia bisa sobat ketika banyaknya wisudawan yang memesan karikatur foto wisuda mereka. kesempatan inipun tidak disia-siakan para ahli photoshop untuk mendapat keuntungan melalui jasa pembuatan karikatur. termasuk saya, hehehe.
Seperti inilah hasil akhir tutorial membuat karikatur wisuda dengan photoshop.
membuat foto menjadi karikatur di photoshop
Tutorial cara membuat karikatur wisuda dengan photoshop

Cara Membuat Karikatur Wisuda Dengan Photoshop 

Langkah 1

Buka foto wisuda sobat yang mau dijadikan karikatur di photoshop. disini saya menggunakan foto anak yang mengenakan kostum wisuda berwarna merah. diambil dari Pixabay.com.
Foto sebelum diubah menjadi karikatur
Pada layer panel, Klik dua kali tanda gembok untuk menghilangkannya. kalau icon gembok/kunci sudah tidak ada maka gambar sudah bisa di edit bentuknya.
hilangkan tanda gembok layer

Langkah 2

Seleksi foto menggunakan Quick selection tool, bisa juga pakai Polygon Lasso Tool dan Pentool. silahkan gunakan yang paling mudah. 
Kalau saya menggunakan Quick selection tool. jika foto sudah benar-benar terseleksi, klik kanan - Select Inverse. kemudian tekan Delete. maka background akan hilang.
seleksi bentuk orang pada gambar

Berikut penampilan foto setelah dihapus gambar latar belakangnya.
foto tanpa background

Langkah 3

Sekarang kita akan memisahkan kepala dengan badan. aktifkan Pentool (P). kemudian buatlah seleksi di sekitar kepala, seperti dibawah.
membuat seleksi dengan pen tool

Jika titik pentool sudah bertemu. Klik kanan - Make selection. lanjutkan menekan Ctrl Shift J. maka bagian kepala akan terpotong menjadi layer baru. ganti nama layernya menjadi "kepala".
kepala terseleksi

Kurang lebih seperti ini tampilan kalau kepala dan badan sudah terpisah menjadi 2 layer.
memisahkan kepala dan badan

Langkah 4

Bekerjalah dilayer "badan". lalu tekan CTRL T, kurangilah ukuran badan menjadi lebih kecil. tarik titik dibagian sudut kedalam. Enter untuk Ok.
mengecilkan badan

Sedangkan pada bagian kepala, buatlah lebih besar dari aslinya. inilah salah satu cirikhas karikatur.
membesarkan kepala 

Langkah 5

Merubah bentuk wajah, agar lebih kental efek karikaturnya. pastikan bekerja dilayer "kepala". pergi ke Edit - Puppet warp. buatlah beberapa titik dibagian pinggir dengan cara klik satu kali.
membuat titik puppet warp
Setelah itu, dekatkan kursor ke titik tersebut, kemudian tariklah sampai membentuk wajah yang di inginkan. intinya jangan terlalu menarik-narik berlebihan, nanti malah tidak bisa mengenalinya.
menarik puppet warp

Seperti inilah hasil setelah memberikan efek puppet ward pada foto.
hasil efek  puppet warp

Langkah 6

Untuk lebih menyempurnakan bentuk pada foto, gunakan Liquify. pergi ke Filter - Liquify. gunakan Forward warp tool (W), atur brush size. tariklah bagian wajah. sesuai selera kalian. klik ok. jangan lupa gabungkan 2 layer tadi, yaitu kepala dan badan menjadi satu.
pengaturan liquify

Setelah menggunakan efek liquify photoshop. sampai disini kita sudah berhasil membuat foto menjadi karikatur, namun masih belum sempurna. akan lebih baik lagi, kalau diberi sentuhan efek.
setelah diberi efek liquify

Langkah 7

Pergi ke Filter - Artistic - Paint daubs. berikan pengaturan, sesuai kualitas foto sobat. disini saya menggunakan pengaturan : Brush size 4, Sharpness 20. ok.
pengaturan paint dubs

Intinya foto terlihat memiliki efek titik-titik. semua ini dilakukan untuk agar ketika smudge painting bisa lebih kelihatan teksturnya.

Langkah 8

Pertajam foto agar kualitas cahaya dan bayangan lebih kelihatan. pergi ke Filter - Sharpen - Smart sharpen. Gunakan pengaturan Basic. Amount 111%, Radius 6.1px. ok.
berikan smart sharpen

Langkah 9

Membuat foto lebih halus dengan teknik Smudge painting. Pilih smudge tool, atur Strenght 35%, pilih jenis Brush Dry brush tip light flow, atau splatter. kemudian sapukan dibagian seluruh gambar. tapi ingat, ikuti arah kulitnya, kalau rambut ikuti alur rambutnya supaya warna tidak berantakan.
melakukan smudge painting
 Kalau mau tau lebih banyak tentang teknik ini, silahkan ke pertemuan sebelumnya "tutorial edit foto efek smudge painting photoshop".
Setelah selesai digosok maka gambar akan terlihat lebih halus seperti kartun.

Langkah 10

Membuat pencahayaan dan bayangan lebih jelas, agar terlihat lebih hidup. disini kita pakai Dodge tool untuk membuat warna lebih kontras/padat. sementara Burn tool membuat warna lebih terang. silahkan gunakan keduanya, dan sapukan pada bagian gambar.

Hasilnya kurang lebih seperti dibawah. lihatlah pada area tertentu terlihat cahayanya lebih terang, dan ada bagian yang warna kulitnya begitu padat.
teknik dodge & burn tool


Langkah 11

Tambahkan background sederhana yaitu backgroud gradient/gradasi. buatlah layer baru dan taruh paling bawah. aktifkan Gradient Ttool (G), gunakan radial gradient. klik dari tengah ke ujung lembar kerja. hasilnya silahkan lihat sobat.
menambahkan background gradient

Hasil membuat foto wisuda menjadi karikatur

membuat karikatur wisuda dengan photoshop

Bagaimana ? mudahkan membuat karikatur. semuanya hanya butuh proses serta waktu. karena tidak ketika edit foto menggunakan photoshop pasti memerlukan beberapa trik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar