Jumat, 04 Agustus 2017

Cara Menggunakan Efek Blur Photoshop Pada Foto

Cara Menggunakan Efek Blur Photoshop Pada Foto

Efek Blur Photoshop | Assalamualaikum. salam sobat semua, hari ini grafis-media akan meengajarkan "Cara Menggunakan Efek Blur Photoshop Pada Foto". selain untuk memperindah foto, juga bisa digunakan untuk kaburkan bagian objek yang tidak ingin terlihat jelas pada foto. mirip efek sensor wajah.
Bagi yang tidak memiliki kamera autofocus atau hanya menggunakan kamera handphone biasa, jangan berkecil hati. karena kita bisa membuat foto seperti layakanya efek blur kamera autofocus. berikut tutorialnya:

Cara Membuat Efek Blur Sederhana Pada Foto Di Photoshop

1. Buka foto sobat di Aplikasi Photoshop. disini saya menggunakan foto milik sendiri. terlihat tidak ada efek blur didalamnya, jadi gambarnya masih tidak terfokus.

2. Untuk membuat foto menjadi blur, sebenarnya kita hanya menggunakan Efek blur yang ada pada filter photoshop. caranya pergi ke Filter - Blur - Gaussian Blur. berikan nilai 5px lalu tekan Ok. silahkan lihat hasilnya. kalau masih kurang tinggal di ubah kembali.
3. Kalau menginginkan blur pada objek tertentu pada foto, kita bisa edit dulu. caranya dengan seleksi objek tersebut terlebih dahulu.
Sebagai contoh saya memakai tool seleksi "Rectangle marquee tool". aktifkan toolnya, kemudian buatlah seleksi bentuk persegi dibagian yang ingin di blur.

4. Setelah itu, pergi ke Filter - Blur - Gaussian Blur. berikan Radius 5 pixels. Ok.

6. Maka hasilnya, hanya bagian yang terseleksi saja yang terkena efek blur.
Untuk membuat foto autofocus atau hanya bagian background yang di blur, silahkan ke tutorial sebelumnya "Cara membuat efek fokus foto dengan photoshop".

3 Efek Blur Photoshop Yang Keren Untuk Foto

Selain efek blur diatas, ada lagi efek blur yang sangat baik digunakan untuk membuat foto lebih berkesan. yaitu 
  1. Field Blur
  2. Iris Blur
  3. Tilt - Shift
Ketiganya merupakan fitur terbaru dalam photoshop cs6 keatas. fungsinya untuk mempermudah dalam pengeditan area foto yang mau diblur. berikut cara penggunaan efek blur tersebut.

Cara menggunakan Efek Field Blur Photoshop

Efek Field Blur adalah efek blur yang mampu memberikan kesan kabur pada foto dengan nilai blur berbeda disetiap titiknya. jadi dia mirip gradient. coba kita tes yah.
Buka foto sobat di photoshop. kemudian pergi ke Filter - Blur - Field Blur. dibagian samping kanan sudah terdapat toolbar "Blur Tools". sedangkan pada foto terdapat titik.
Titik inilah pusat dari blur tersebut. kita bisa menambahkan hingga beberapa titik, dengan nilai titik blur berbeda beda.

Contohnya dibawah, saya menambah satu titik blur lagi dibagian kiri namun dengan nilai 4px. terlihat perbedaan kualitasnya. dibagian kanan, akan lebih kabur dibanding kiri. karena nilai blurnya lebih tinggi.
Kalau sudah merasa pas, tinggal klik ok.

Cara menggunakan Efek Iris Blur Photoshop

Selanjutnya ada Iris Blur adalah blur yang bentuknya melingkar dan juga memakai titik tengah. cara kerjanya, semakin ke tengah gambar akan semakin jelas. begitupun sebaliknya, semakin keluar dari lingkaran maka gambar semakin terblur.

Gambar dibawah merupakan contoh menggunakan 2 titik blur untuk memperlihatkan bagian yang tidak ingin diblur.
Sobat juga dapat mengatur ukuran lingkaran blurnya, memperkecil ataupun memperbesarnya.

Cara menggunakan Efek Tilt Shift Blur Photoshop

Tilt Shift memiliki bentuk memanjang. semakin ke tengah, maka gambar akan semakin jelas. cara kerjanya sama dengan Iris blur diatas. namun bentuknya cuma memanjang saja. efek inilah yang dipakai untuk membuat efek foto mini dengan photoshop.
Itulah beberapa gambaran cara membuat efek blur pada foto dengan photoshop. selebihnya kita bisa kreatifitaskan sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar