Jumat, 04 Agustus 2017

Cara Mudah Membuat Efek Kapur Dengan Photoshop

Cara Mudah Membuat Efek Kapur Dengan Photoshop

Efek kapur photoshop | Assalamualaikum, salam sobatku semua. pertemuan kali ini saya akan mengajarkan Cara mudah membuat efek kapur dengan photoshop. disini kita akan membuat foto seolah di gambar dengan kapur pada papan tulis sekolah. selain menambah ilmu photoshop juga akan memperlihatkan pengaruh memadukan efek filter photoshop hingga menghasilkan sesuatu yang menarik.

Siapa sih yang tidak kenal Kapur dan Papan Tulisnya. waktu masih Sekolah Dasar kita pasti berhadapan dengan itu setiap hari. kapur dipakai guru untuk menuliskan materi pelajaran pada muridnya di atas papan tulis.
Berikut hasil efek kapur photoshop yang akan jadi latihannya.

Lihat juga tutorial photosho lainnya:

Cara Mudah Membuat Efek Kapur Dengan Photoshop

Sebelum meulai membuat efek kapur pada foto atau gambar di photoshop. kita harus mempersiapkan bahan utamanya dulu, yaitu :
Bagi yang ingin membuat tulisan efek kapur, bisa pakai teknik yang akan dipelajari atau langsung Downlod Koleksi Font Kapur grafis-media.

Langkah 1

Buka aplikasi photoshop. disini saya menggunakan Versi photoshop cs6. buka gambar background papan tulis di photoshop, caranya : File - Open.

Langkah 2

Masukkan lagi gambar sobat langsung kedalam lembar kerja. Bisa langsung Drag masuk kedalam photoshop atau pergi ke File - Place - Open.

Langkah 3 

Sekarang kita berikan efek garis pinggir pagi gambar. Pergi ke Filter - Stylize - Find Edges. maka hasilnya adalah garis pinggir pada gambar akan nampak.

Langkah 4 

Waktunya membuat garis pinggir diatas menjadi efek kapur, jadi seolah habis digaris pakai kapur tulis. 
Pergi ke Filter - Artistic - Rough pastel
Berikan pengaturan : Stroke Length 2, Stroke Detail 14, Texture Canvas, Scaling 60%, Relief 31. sobat juga bisa menyesuaikan nilainya sesuai keadaan dan kualitas foto.

Langkah 5

Kita buat lagi warna dasar pada tengah gambr menjadi hitam. pergi ke Edit - Adjusment - Invert atau bisa menekan Ctrl I.

Yang kita butuhkan adalah gambar menjadi efek kapur tulis yang warna hitam putih. maka dari itu lanjut satu efek lagi. Pergi ke Image -Adjusment - Desaturate (Crtl Shift U).
Baca juga : 6 Cara membuat foto efek hitam putih di photoshop

Langkah Terakhir

Ganti Blending Mode pada layer menjadi Screen. jika masih dirasa terlalu tajam, silahkan kurangi Opacity -nya sampai terlihat lebih menyatu dengan papan tulisnya. Selesai.
Bagaimana, mudahkan. tinggal di kembangkan saja agar bisa mendapatkan efek kapur yang lebih mengesankan lagi. kalau tutorial diatas, saya rasa cukup membuka kreativitas sobat semua. Jika ada pertanyaan, silahkan tulis pada komentar dibawah.
Sekian dulu tutorial Cara mudah membuat efek kapur dengan photoshop. semoga bisa menambah ilmu manipulasi dan editing kalian. terima kasih, Assalamualaikum.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar