Jumat, 04 Agustus 2017

3 Cara Membuat Efek Cahaya Dengan Photoshop

3 Cara Membuat Efek Cahaya Dengan Photoshop

Assalamualaikum. pertemuan kali ini, saya akan membahas tutorial "3 Cara Mmembuat Efek Cahaya Dengan Photoshop". jadi ada 3 macam efek cahaya yang akan sobat pelajari, yakni : cahaya bulat ,kilauan cahaya dan cahaya bulan purnama. semuanya memiliki model dan teknik berbeda. jadi akan ada trik photoshop baru yang akan sobat dapatkan. biasanya, efek cahaya ditambahkan pada foto yang tidak mendapatkan sinar, atau ingin manipulasi foto. 


Membuat Efek Cahaya Bulat Dengan Photshop

Pertama-tama buatlah lembar kerja baru, Pergi ke File - New atau tekan Ctrl N. berikan ukuran Width 500 pixels dan Height 500 pixels. Ok.
Kedua, buat background menjadi warna hitam. gunakan Paint Bucket Tool, pastikan warna Foreground adalah Hitam. kemudian klik dibagian lembar kerja. 

Ketiga, buatlah layer kosong baru, caranya tekan Ctrl Shift N atau ke menu layer - new layer. berikan nama Cahaya. Aktifkan Brush Tool (B), kemudian klik kanan dlembar kerja maka akan tampil pengaturan brush. berikan Size 200px, Hardness 0%. pastikan warna Putih.
Ke empat. mulailah klik satu kali pada lembar kerja. usahakan bekerja dilayer cahaya. maka hasilnya seperti berikut. brush yang sudah diatur, bentuknya akan seperti cahaya berwarna putih.
 

Untuk mengganti warna pada cahaya maka lanjutkan lagi tutorialnya. disini kita memakai Adjusment Color Balance. Pergi ke Layer panel, klik icon adjusment dibagian bawah, lalu pilih Color Balance. maka akan tampil menjadi layer baru.

Untuk mengganti warna cahaya, geserlah warna yang terlihat pada pengaturannya. misalnya saya menggeser ke warna merah, sehingga cahaya akan berwarna merah. cobalah mengotak atik sendiri sampai menghasilkan warna sesuai keinginan.

Inilah hasil akhir membuat cahaya bulat atau melingkar.

Untuk mengaplikasikan cara diatas ke foto sobat, silahkan lihat tutorial "cara menambahkan cahaya baru pada foto di photoshop".

Membuat Efek Kilauan Cahaya Seperti Bintang di photoshop

Buatlah lembar kerja baru, sama seperti diatas. ukuran 500x500 pixels. dan ganti warna backgroundnya menjadi hitam, agar cahaya lebih mudah terlihat.
Gunakan Brush Toll (B) dengan pengaturan sama seperti diatas, serta buatlakan layer juga. sapukan satu kali dilembar kerja. 

Sekarang kita akan membuatnya menipis sehingga terlihat tajam. pastikan berkerja dilayer "cahaya". tekan CTRL T, lalu tarik titik atasnya sampai menyempit seperti gambar dibawah. tekan Enter kalau selesai.

Duplikat layer "cahaya", tekan CTRL J. kemudian aktifkan lagi Ctrl T (transform tool). putar objeknya 90 derajat, masukkan 90 pada kolom derajat di toolbar pengaturannya. tekan Enter.

Lakukan hal yang sama, dengan nilai derajat berbeda-beda. serta kurangi ukurannya juga menggunakan transform tool.

Agar terlihat lebih realistik, kita tambahkan sedikit efek cahaya bulat. buat layer baru, kemudian sapukan satu kali dibagian tengah, menggunakan brush tool. nah sekarang, cahaya sudah terlihat semakin sempurna. 

Membuat Efek Cahaya Bola Sperti Bulan Purnama

Masih menggunakan langkah yang sama seperti diatas, lembar kerja dan background tetap.
Buat layer baru, kemudian aktifkan Brush Tool (B), berikan Size 200 px dan Hardness 50%. pastikan warnanya adalah Orange tua. Klik satu kali dilembar kerja.

Klik kanan pada layer cahaya diatas, pilih Blending Options. ceklis Outer Glow. kemudian berikan pengaturan:

  • Blend mode Screen
  • Opacity 75%
  • Warna Orange yang sama
  • Size 170 - 200 px. Ok.


Hasil akhir seperti dibawah ini. sekarang kita sudah berhasil menciptakan cahaya dengan model seperti bulan purnama.
Teknik ini bisa di aplikasikan ketika ingin membuat suatu objek terlihat menyala atau membiaskan cahaya. misalnya pada lampu.
Bagaimana sobat ? gampangkan. semua tips diatas, bisa sangat bermanfaat ketika menginginkan adanya efek cahaya pada foto. selebihnya dikembangkan sendiri yah, soalnya masih banyak cara lain yang bisa kita gunakan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar