Jumat, 04 Agustus 2017

Cara Membuat Friend Sign ( FS ) di Photoshop

Cara Membuat Friend Sign ( FS ) di Photoshop

Pernahkah sobat melihat, foto orang yang sedang memegang kertas yang bertuliskan pesan pada orang lain. biasa juga pada petualang maupun pendaki gunung, ketika sudah sampai di tempat tujuan langsung berfoto dengan kertas yang bertuliskan pesan. fenomena seperti ini sudah sering kita lihat di media sosial. sebut saja FS singkatan dari Friend Sign atau Fan Sign . nah pada pertemuan ini, kita akan mencoba belajar cara membuat friend sign ( FS ) di photoshop atau memanipulasi foto orang yang sedang memegang kertas. lalu membuat tulisan di kertas tersebut.
Friend Sign dan Fan Sign sebenarnya sama cuma keadaanya yang berbeda. jika dia adalah seorang artis, dan kertas bertuliskan pesan yang di pegang untuk para fans nya berarti itu disebut fan sign. sementara jika kertas itu di tujukan kepada teman berarti itu adalah friend sign. 
Contoh friend sign :
Gambar friend sign/ fan sign diatas merupakan hasil manipulasi photoshop. awalnya tulisan pada kertas yang di pegang tidak seperti itu. 

Cara Membuat Friend Sign ( FS ) di Photoshop

Referensi font yang saya gunakan disini adalah Unrulyness, saya memakai font ini karna sangat mirip dengan tulisan tangan asli. sobat bisa mendownloadya secara gratis di Urbanfont. untuk menginsntal huruf ke photoshop, silahkan copy - paste file fonts ( .ttf ) ke dalam C:\Windows\Fonts. sedangkan gambar friend sign yang digunakan adalah koleksi fansign deviantart dari Rememberhope

Langkah 1 | Buka Gambar Di Photoshop

Buka gambar yang ingin dimanipulasi dengan photoshop. usahakan gambarnya sesuai dengan kategori fan sign maupun friend sign yaitu : sedang memegang kertas lalu memperlihatkan ke kamera.
buka foto yang sedang memegang kertas

Langkah 2 | Menghapus Tulisan Dengan Healing Brush Tools

Aktifkan Spot Healing Brush Tool dibagian toolbox photoshop. lalu mulailah menghilangkan tulisan yang sudah ada pada kertas yang di pegang artis, sehingga menjadi kertas polos ( bersih ). caranya, klik dan tahan - gerakan kursor ke arah huruf - lepaskan. maka otomatis warna huruf akan hilang dan menjadi warna kertas
Bisa juga gunakan Healing brush tool yang ada dibawah tools diatas. namun caranya, kita ambil sampel warna dulu. dengan tekan Alt - sambil klik warna kertas. lalu gosok pada bagian huruf sampai hilang. teknik ini juga bisa sobat terapkan pada brush tool dan stamp tool.

gunakan healing brush tool untuk menghapus tulisan kertas

Berikut proses menghapus tulisan pada kertas. teknik ini sudah di kategorikan manipulasi photoshop

proses menghapus tulisan di kertas

Penampakan setelah menghapus garis pada kertas yang dipegang. terlihat polos dan bersih, maka siap untuk di tuliskan kalimat friend sign maupun fan sign.
hasil menghapus tulisan di kertas yang di pegang

Langkah 3 | Menulis Pesan di Kertas

Aktifkan Text Tool atau tekan T. cari jenis font favorit sobat. disini saya menggunakan Font unrulyness, agar terlihat lebih alami dengan bentuk font tulisan tangan. jadi pemirsa akan berpikir ini nyata. jangan lupa atur ukuran huruf dan berikan warna hitam pada tulisan, terkesan tinta pulpen / spidol. 
Kalau sudah menulis kalimat ucapan di kertas, klik di tempat lain untuk meng Ok kannya. atau tekan CTRL Enter secara cepat.
Kalau tulisan sangat lebar jaraknya, aturlah. silahkan baca cara mengatur spasi dan lebar hurur di photoshop
menulis pesan di kertas - FS

Tips :: Memutar tulisan di kertas. caranya tekan CTRL T - lalu arahkan kursor dibagian pinggir sampai berubah menjadi icon rotasi. klik dan putas sesuai bidang kertas. Enter.

memutar tulisan di kertas fan sign fs
Baca juga

Langkah 4 | Kurangi Opacity Tulisan

Terakhir. berikan sentuhan agar terlihat lebih real. pada bagian layer panel, usahakan bekerja dilayer tulisan ( klik layer  tulisan ). kurangi Fill nya menjadi 86 %. atau bisa juga kurangi Opacitynya. pokoknya disini sesuai selera sobat. 
atur opacity tulisan di kertas

Selesai | Gambar FS Sudah Jadi

Dibawah adalah hasil membuat friend sign / fan sign ( fs ) di photoshop, sesuai langkah langkah diatas. lumayan kan, untuk membuat orang lain heran.
hasil membuat friend sign di photoshop
Saran : Sobat bisa juga menggunakan efek teks untuk menjadi tulisan fan sign / friend sign dikertas, agar terlihat lebih unik. silahkan lihat beberapa tutorial dibawah ini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar